makanan hindari hamil, pantangan makanan hamil, hindari makanan hamil

MAKANAN YANG DIHINDARI SAAT HAMIL

Share Artikel Ini

MAKANAN YANG DIHINDARI SAAT HAMIL?

Pertanyaan tersering dari ibu hamil kepada dokter adalah “pantangan” nya apa dok? Yang jelas, pepaya dan nanas bukan pantangan. Demikian juga durian.

Sebelum puasa nanas atau papaya, sebaiknya konsultasi dengan dokter anda masing-masing biar tidak salah. Bisa juga konsultasi dokter kandungan online di DOKTERCHAT

Tapi memang ada pantangan atau kehati-hatian terhadap makanan-makanan dibawah ini.

SEAFOOD – NAH LO, SEAFOOD YANG MENGANDUNG MERCURY

Seafood yang dilarang bukan dilarang sama sekali. Karena seafood sendiri mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Seafood mengandung zat besi, protein, omega 3.

Seafood yang dilarang adalah yang mengandung banyak merkuri. Biasanya ikan yang hidup lama dilaut, alias berusia panjang seperti : hiu, ikan pedang, makarel raja, tuna besar. Alias ikan yang besar-besar.

Kalau ikan yang kecil-kecil dan singkat hidup dilaut, ya kandungan merkurinya sedikit dan aman-aman saja.

Batasan memakan seafood atau produk laut saat hamil adalah 1 kg seminggu. Atau sekita 2 kali/porsi saja seminggu. Dan yang dimakan yang kecil-kecil seperti udang, salmon, tuna kecil.

Kalau masih ragu, bisa chat dengan dokter kandungan di DOKTERCHAT

SEAFOOD MENTAH

Seafood mentah, tidak dimasak, juga tidak oke. Karena mentah, seringkali kuman masih ada. Nah, mungkin selama hamil, sushi sebaiknya dihindari dahulu. Pilih yang matang saja.

DAGING MENTAH ATAU SETENGAH MATANG

Daging mentah atau setengah matang, juga telur setengah matang, termasuk unggas setengah matang sama seperti diatas. Masih ada kumannya. Terkadang ada toksoplasmanya.

Ngga mau kan si calon adik kena infeksi Tokso? Maka jangan makan yang mentah atau setengah matang ya. Selain toxo, juga bisa ada Salmonella penyebab tipes.

DAGING YANG DIAWETKAN/KEMASAN 

Beberapa daging yang diawetkan, atau kemasan, perlu dimasak. Jangan langsung dimakan. Panaskan atau masak dahulu, sebelum dimakan.

Jika tidak hamil ya tidak apa-apa. Tetapi jika hamil, perlu dimatangkan, dipanaskan dahulu, agar lebih meyakinkan.

SUSU MURNI

Susu memang bagus. Mengandung banyak kalsium, yang diperlukan ibu hamil dan bayi. Tetapi pilihlah susu yang sudah di pasteurisasi. Alias sudah disterilkan.

Susu murni, masih belum di pasteurisasi, belum dibersihkan, masih ada kuman yang bisa membahayakan janin.

BUAH SAYUR YANG TIDAK DICUCI

Setiap buah atau sayur yang akan dimakan, harus dicuci dengan air mengalir. Dengan dicuci air mengalir, mengurangi jumlah kotoran dan kuman yang menempel.

Semakin bersih, dengan air mengalir, semakin baik.

HATI

Jangan berlebihan memakan hati ayam atau sapi. Karena hati mengandung banyak Vitamin A. Saat hamil tidak baik jika berlebihan Vitamin A. Bisa keracunan Vitamin A.

Boleh makan hati, tapi sedikit atau sesekali saja.

KESIMPULAN 

Bagaimana? Tidak ada kan disitu dilarang makanan seperti papaya, nanas atau durian? Yang dilarang tentu berdasar logika, yaitu yang kemungkinan membawa infeksi atau merusak berlebihan.

Konsultasikan dengan dokter kandungan online di DOKTERCHAT kalau anda masih ragu, apakah makanan yang dipantang saat hamil, dan apa yang disarankan.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :

  • Seberapa Sering Kita Boleh USG? USG atau ultrasonografi sudah sering kita lakukan. Alat USG menggunakan gelombang suara, sehingga realtif aman. Tapi bolehkah USG sering-sering? Seberapa sering? Seberapa Sering Kita Boleh USG? KONSUL DOKTER OBGYN DISINI Ternyata jawabannya: yang penting bukan sering atau tidak seringnya, tetapi yang penting ini:......

  • INGIN TAHU VITAMIN PERSIAPAN KEHAMILAN? Banyak salah kaprah, mengenai vitamin kehamilan. Banyak wanita merasa vitamin kehamilan baru diminum setelah hamil. Padahal tidak demikian. Vitamin ini penting sejak sebelum hamil. Kami ulangi, vitamin dan suplemen perlu dikonsumsi sejak sebelum hamil. Sejak tiga bulan sebelum hamil. Dengan......

Share Artikel Ini
No Comments

Post A Comment